Kamis, 24 Desember 2009

PEMECAHAN MASALAH SOSIAL

A. DESKRIPSI SINGKAT (ABSTRAK)

Teknik pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang pendamping sosial. Oleh karena itu seorang pendamping sosial perlu diberi pembekalan teknis yang terkait dengan pemecahan masalah yang dihadapi oleh warga yang menjadi dampingan sosialnya baik secara individu, kelompok maupun masyarakat di lokasi KAT.


Teknik pemecahan masalah yang utama harus dimiliki oleh seorang pendamping social KAT adalah dalam bidang pemberdayaan masyarakat atau pengembangan masyarakat. Dengan memiliki keterampilan tersebut diharapkan pendamping bisa memelihara kesinambungan dan bahkan mengembangkan program pemberdayaan KAT yang sudah diterima oleh WDS. Namun demikian karena yang dihadapi pendamping juga adalah WDS secara perorangan maupun kelompok, maka dia juga harus memiliki ketarmpilan teknik pemecahan masalah secara perorangan maupun kelompok.

Materi yang terkandung dalam Teknik Pemecahan Masalah ini meliputi teknik pemecahan masalah untuk perseorangan atau bimbingan social perseorangan, teknik pemecahan masalah yang menangani masalah kelompok atau bimbingan social kelompok, dan teknik pemecahan masalah yang berhubungan dengan masyarakat atau pengembangan masyarakat.



B. TUJUAN

1. Tujuan Umum
Modul ini ditujukan untuk membantu pendamping sosial dalam meningkatkan keterampilan mereka dalam memecahkan masalah.

2. Tujuan Khusus
Setelah mempelajari dan memahami modul ini, peserta bimbingan diharapkan memiliki keterampilan dan mampu menerapkan teknik pemecahan masalah yang terkait dengan masalah perorangan dengan bimbingan sosial perseorangan, masalah kelompok dengan bimbingan sosial kelompok, serta teknik dalam pengembangan masyarakat.


C. SASARAN
Peserta bimbingan adalah calon pendamping yang berminat dan memenuhi persyaratan untuk menjadi Pendamping Sosial KAT, yaitu :
1. Tokoh masyarakat/warga KAT
2. Berpendidikan minimal SLTA atau sederajat
3. Usia minimal 20 tahun
4. Sehat jasmani dan rokhani
5. Bersedia menjadi Pendamping Sosial KAT.


D. TEMPAT

Bimbingan teknis ini dapat dilaksanakan di desa, kecamatan, kabupaten/kota atau provinsi.

E. JUMLAH JAM BIMBINGAN

Materi Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial Komunitas Adat Terpencil (KAT) dalam bimbingan teknis ini dilaksanakan selama 3620 menit = 61 jam = 81 jam lat
.

F. MATERI / POKOK BAHASAN

1. Bimbingan Sosial Perseorangan
2. Bimbingan Sosial Kelompok
3. Pengembangan Masyarakat



G. PROSES BIMBINGAN

1. Pembukaan
a. Fasilitator memperkenalkan diri dan menjelaskan tentang topik materi bimbingan.
b. Fasilitator menjelaskan Tujuan Bimbingan Umum atau kompetensi dasar sebagai hasil bimbingan (head/koqnitif; heart/afektif; hand/psiko motorik), dan Tujuan Bimbingan Khusus sebagai indikator keberhasilan.
c. Pengantar materi dengan menitikberatkan arti pentingnya wawasan materi “Teknik Pemecahan Masalah”, serta dihimbau untuk senantiasa diikuti perkembangannya.
d. Menjelaskan proses, metode/model bimbingan untuk penyampaian materi.


2. Penyajian materi
a. Pelibatan peserta bimbingan di dalam proses pembahasan pokok-pokok dan sub-sub pokok materi.
b. Pemanfaatan media bimbingan dengan aplikasi metode bimbingan curah pendapat, diskusi dan tanya jawab, simulasi, studi kasus, serta penugasan.
c. Partisipasi aktif dalam diskusi kelompok dengan topik yang dipilih peserta atau yang disiapkan fasilitator.
d. Penugasan kepada peserta bimbingan dengan panduan yang disiapkan dalam lembar kerja.
e. Pemaparan hasil diskusi kelompok dan pengisian lembar kerja oleh peserta bimbingan.

3. Penutup
a. Fasilitator memberikan pembulatan dari hasil proses bimbingan.
b. Penyampaian kesimpulan materi bimbingan pada akhir sesi pembahasan.
c. Tindak lanjut yang akan dikerjakan setelah mengikuti pembahasan materi bimbingan.

Tahap/
Kegiatan Bimbingan Metode Bimbingan P e r a n a n
Waktu
Fasilitator Peserta
1. Pembukaan





















Review pengetahuan peserta






2. Penyajian materi


Bimbingan sosial perseorangan.






Bimbingan sosial kelompok.





Pengembangan
masyarakat.








Penanganan Masalah








Lokakarya hasil studi lapangan





Review pemahaman peserta


3. Penutup







Ceramah dan Tanya jawab









Ice breaking
Curah pendapat








Curah pendapat
Tanya jawab











Ceramah, curah pendapat/ tanya jawab dan studi kasus


Ceramah, curah pendapat/
tanya jawab, simulasi, role play.


Ceramah, curah pendapat/
tanya jawab, simulasi, role play.




Praktik out door









Presentasi Kelompok





Ceramah dan diskusi



Ceramah

Fasilitator memperkenalkan diri, dan menjelaskan topik pembimbingan, Tujuan Bimbingan Umum atau kompetensi dasar sebagai hasil bimbingan (head/koqnitif; heart/afektif; hand/psiko motorik), dan Tujuan Bimbingan Khusus sebagai indikator keberhasilan.

Memfasilitasi lagu (mis. Sin Sin Sen, Water Melon, dsb.) dan identifikasi masalah dan kebutuhan perlunya pandalaman materi Teknik Pemecahan Masalah.





Fasilitator bertanya kepada peserta pandangan mereka tentang teknik pemecahan masalah.









Fasilitator menjelaskan Bimbingan social perseorangan, menjawab pertanyaan/ sanggahan,
Simulasi.




Fasilitator menjelaskan bimbingan sosial kelompok, menjawab pertanyaan/ sanggahan, dan menugaskan kelompok



Fasilitator menjelaskan pengembangan masyarakat, menjawab pertanyaan/ sanggahan






Fasilitator melakukan bimbingan di lapangan







Fasilitator memfasilitasi kelompok menyampaikan hasi studi lapangannya





Fasilitator memfasilitasi proses review pemahaman peserta



Fasilitator menyampaikan kata penutuf Peserta memperhatikan dan mengajukan pendapat






Peserta bernyanyi, bertanya, mengajukan pendapat






Peserta aktif bertanya dan menyampaikan pendapat








Peserta aktif bertanya dan dan ber-diskusi,





Peserta aktif bertanya menyampaikan pendapat




Peserta aktif bertanya,me
nyampaikan pendapat, & dan melaku- kan studi kasus



Peserta pergi dan tinggal di lapangan (menginap 2 hari) dan melakukan praktik


Peserta menyajikan hasil kajian lapangannya



Peserta aktif melakukan review

Peserta mendengarkan 5 menit










20 menit










20
Menit











150
menit







150 menit







150 menit









2880 menit (48 jam)









180 menit






45 menit




20 menit




3620 menit = 61 jam =
81 jam lat

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar