Minggu, 18 Agustus 2013

KEWIRAUSAHAAN



Kewirausahaan: Pengertian, Karakteristik, Tujuan dan Sasaran
Kewirausahaan sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia, khususnya remaja. Kewirausahaan bukan hanya semata-mata berperan sebagai motor penggerak bagi para remaja, namun juga sebagai pendorong perubahan sosial bagi kualitas hidup remaja itu sendiri. Dalam penjelasan dibawah ini, akan dibahas mengenai pengertian kewirausahaan, karakteristik kewirausahaan, tujuan dan sasaran kewirausahaan.
Pengertian Kewirausahaan
Kewirausahaan adalah proses menciptakan sesuatu nilai yang berbeda dengan mencurahkan waktu dan upaya yang diperlukan, memikul risiko-risiko finansial, psikis dan sosial yang menyertai, serta menerima penghargaan/ imbalan moneter dan kepuasan pribadi (Suherman, 2008:6).
Menurut Thomas W Zimmerer Kewirausahaan (Suryana, 2008:13) adalah penerapan kreativitas dan keinovasian untuk memecahkan permasalahan dan upaya memanfaatkan peluang-peluang yang dihadapi orang setiap hari.
Menurut John Kao dalam Sudjana (2004:131) menyebutkan bahwa: “Kewirausahaan adalah sikap dan perilaku wirusaha. Wirausaha ialah orang yang inovatif, antisipatif, inisiatif, pengambilan resiko, dan berorientasi laba”.
Menurut Winarto (2004:2-3) menyebutkanya bahwa: “entrepreneurship (kewirausahaan) adalah suatu proses melakukan sesuatu yang baru dan berbeda dengan tujuan mencipta kan kemakmuran bagi individu dan memberi nilai tambah pada masyarakat”.

Karakteristik  Kewirausahaan
Karakteristik entrepreneur yang berorientasi individu menurut Zimmerer (Suryana, 2008:24-25) antara lain adalah: (1) Desire for responsibility yaitu memiliki rasa tanggung jawab atas usaha-usaha yang dilakukanya. (2) Preference for moderate risk yaitu lebih memilih risiko yang moderat, artinya selalu menghindari risiko, baik yang terlalu rendah maupun terlalu tinggi.
(3) Confidence in their ability to success yaitu memiliki kepercayaan diri untuk memperoleh kesuksesan. (4) Desre for immediate feedback yaitu selalu menghendaki umpan balik dengan segera. (5) High level of energy yaitu memiliki semangat dan kerja untuk mewujudkan keinginannya demi masa depan yang lebih baik. (6) Future orientation yaitu berorientasi serta memiliki perspektif dan wawasan jauh ke depan. (7) Skill organizing yaitu memiliki keterampilan dalam mengorganisasikan sumber daya untuk menciptakan nilai tambah. (8) Value of achievement over money yaitu lebih menghargai prestasi daripada uang.
Tujuan dan Sasaran Kewirausahaan
Tujuan kewirausahaan
Menurut Suherman (2008:21), menyebutkan bahwa tujuan kewirausahaan adalah  tertanam atau terbentuknya jiwa wirausaha pada diri seseorang, sehingga yang bersangkutan menjadi seorang wirausaha dengan kompetensinya.
Tujuan dari Kewirausahaan,sebagai berikut: (1) meningkatkan jumlah para wirausaha yang berkualitas; (2) mewujudkan kemampuan dan kemantapan para wirausaha untuk menghasilkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat; (3) membudayakan semangat sikap, perilaku, dan kemampuan kewirausahaan di kalangan pelajar dan masyarakat yang mampu, handal, dan unggul; (4)menumbuh kembangkan kesadaran dan orientasi kewirausahaan yang tangguh dan kuat terhadap para siswa dan masyarakat.
Sasaran kewirausahaan
(1)Instansi pemerintah yang melakukan kegiatan usaha (BUMN), organisasi profesi,dan kelompok-kelompok masyarakat; (2)para pelaku ekonomi yang terdiri atas para pengusaha kecil dan koperasi; (3)para generasi muda pada umumnya, anak-anak putus sekolah dan calon wirausahawan.
Kewirausahaan merupakan upaya untuk memajukan usaha-usaha kesejahteraan sosial bagi remaja yang memiliki latar belakang pendidikan yang rendah, sehingga remaja tersebut memiliki keahlian khusus sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan. Salah satu profesi yang diperlakukan dalam penanganan masalah remaja ini adalah profesi pekerjaan sosial. Pelayanan-pelayanan yang diberikan oleh pekerja sosial adalah pelayanan-pelayanan yang difokuskan kepada bantuan-bantuan yang ditujukan untuk  melindungi  dan memulihkan  permasalahan remaja baik yang berasal dari luar maupun dari dalam dirinya.








Tidak ada komentar:

Poskan Komentar